4 Jajanan Tradisional Khas Jawa

4 Jajanan Tradisional Khas Jawa

Membahas tentang jajanan tradisional Indonesia memang ada bermacam-macam. Tapi seiring berkembangnya dunia kuliner, jajanan tradisional Indonesia sudah mulai menghilang dikarenakan munculnya aneka makanan kekinian. Sehingga menjadikan beberapa jenis jajanan tradisional Indonesia tersebut semakin susah dan langka untuk ditemui. Tidak kaget lagi jika perlahan-lahan beberapa jajanan tradisional Indonesia pun semakin terlupakan oleh masyarakat Indonesia khususnya di kota-kota besar. Berikut 4 jajanan tradisional khas Jawa yang sudah mulai jarang ditemui.

1.Arem-arem

Arem-arem ini adalah salah satu makanan tradisional khas Kebumen. Mirip Dengan lontong, yang membedakan jika lotong isinya menggunakan oncom atau sayuran yang dicincang sementara untuk arem-arem menggunakan isian daging ayam matang yang sudah dihaluskan bersama sambal dan bumbu rempah-rempah. Arem-arem ini disajikan dengan dibungkus daun pisang. Pada umumnya arem-arem dinikmati sebagai cemilan.

2.Clorot

Clorot merupakan jajanan tradisional khas Purworejo, Jawa Tengah yang sudah mulai menghilang dari peradaban dan sulit untuk ditemukan. Bentuk clorot sangatlah unik dikarenakan menyerupai kerucut. Makanan ini sudah ada sejak daftar akun zaman dulu ini dibuat menggunakan bahan utama seperti tepung beras dan gula merah. Memiliki tektstur yang lembut kenyal dan rasa yang manis dan enak. Clorot dihidangkan dengan bungkusan daun kelapa atau janur kuning yang dilit sehingga terlihat menyerupai sebuah terompet kecil.

3.Lumpia

Selanjutnya ada makanan khas dari kota Semarang ayng terdiri dari kulit adonan dan isian yang bermacam-macam. Kulit lumpia dibuat menggunakan bahan adonan tepung terigu, putih telur, air, dan bumbu dalur. Adonan ini kemudian didadar tipis-tipis. Isian dari lumpia ini terdapat sayur rebung yang ditumis dengan daging cincang atau udang cincang dn ditambahkan telur orak-arik, dan sayuran segar seperti wortel, toge dan daun bawang. Lumpia pada umumnya dinikmati bersama saus khas, agar rasa nikmatnya semakin terasa.

4.Klepon

Klepon adalah sebuah jajanan tradisional berupa kue manis yang banyak jual di pasar dan memiliki penampakan berwarna hijau dan terdapat taburan kelapa parut. Didalam bola klepon terdapat isian gula merah yang tumpah di mulut ketika dimakan. Cara membuat jajanan tradisional satu ini tidaklah sulit, yaitu dengan merebus adonan yang berbentuk bola-bola, kemudian di isi dengan cairan gula merah yang manis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.