Kue Rangi Khas Betawi

Kue Rangi Khas Betawi, Cemilan Yang Manis Namun Gurih!

Kue rangi, atau termasuk disebut sagu rangi, adalah tidak benar satu kue tradisional khas Betawi. Kue ini terbuat dari campuran tepung kanji (orang Betawi biasa menyebutnya tepung sagu) dengan kelapa parut yang dipanggang dengan cetakan spesifik di atas tungku kecil dan ditutup sehingga cepat matang. Kue rangi dihidangkan dengan olesan gula merah yang dikentalkan dengan sedikit tepung kanji. Kue gurih yang satu ini ternyata juga bisa menjadi kue rumahan yang mudah untuk kita buat.

Untuk menaikkan selera dan wangi, gula merah dicampur dengan potongan nangka, nanas atau durian. Kue rangi rasanya gurih dan beraroma wangi sebab dimasak dengan langkah dipanggang gunakan bahan bakar kayu. Cetakan kue rangi serupa dengan cetakan kue pancong atau bandros tetapi ukurannya lebih kecil. Beberapa pedagang kecil memicu kue rangi tanpa gunakan cetakan kue.Bahan utama untuk memicu kue rangi antara lain: kelapa tua, tepung kanji atau tapioka, dan juga sedikit garam dan air.

Adonan bahan kue ini tidak sanggup bertahan lama sebab gampang basi, sehingga harus dihabiskan di dalam saat satu hari. Kue rangi dijajakan secara tradisional oleh pedagangan dengan berkeliling sambil mendorong gerobak. Biasanya pedagang bakal berkeliling dari satu kampung ke kampung lainnya. Namun sebab bergesernya zaman dan sedikit orang yang jelas kue rangi, keberadaan pedagang kue rangi terasa susah dijumpai.

Resep Memasak Kue Rangi Khas Betawi Yang Nikmat

Kue Rangi Khas Betawi

Bahan Kue Rangi

Untuk memicu kue rangi yang nikmat, bahan-bahan yang digunakan adalah:

  • 200 gram kelapa parut.
  • 300 gram tepung tapioka.
  • 1 sdt garam.
  • 100 ml air kelapa.
  • Secukupnya vanilli.

Cara Memasak Kue Rangi

  1. Campur tepung tapioka, kelapa parut, garam, dan air kelapa. Aduk rata hingga berbulir-bulir.
  2. Panaskan cetakan, masukkan adonan dan tekan-tekan, masak hingga menyatu.
  3. Tambahkan saus gula merah di atasnya, masak lagi sebentar lalu angkat.

Bahan-Bahan Saus Gula Merah:

  • 150 gram gula merah.
  • 250 ml air.
  • 3 sdm tepung tapioka larutkan dgn 4 sdm air.
  • 1 lembar daun pandan.
  • Secukupnya gula putih.

Cara Memasak Saus Gula Merah:

Masak air, gula merah, dan daun pandan hingga gula larut dan mendidih. Tambahkan gula putih dan masukan larutan tepung tapioka aduk rata, masak dengan api kecil hingga mengkilap. Angkat dan sisihkan menurut kabar yang di terima oleh agen baccarat online uang asli terpercaya.

Itulah resep dan langkah memicu kue rangi yang gampang dan nikmat. Sangat sesuai untuk teman enjoy dengan secangkir teh ataupun kopi sambil memainkan sbobet88. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *